fbpx

Unit Gypsy-Jazz dari Bandung, Madame & Toean Rilis Single Perdana Berjudul “Bonjour”

Madame Toean Gusti Aditya Febriansyah

Unit musik bergaya gypsy-jazz dari Bandung, Madame & Toean resmi merilis single perdana berjudul “Bonjour”. Perilisan ini adalah langkah awal atau pemantik berdasarkan Rahma Sekar Savitri (vokal), Taufik Hidayat (gitar), Charly Septiana (gitar), Ilham Septia (contra bas), Mega Ariani (cello), Indira E. Hartanto (biola) dan Dwi Prayoga N. (perkusi) menuju debut album kecil yang akan disebar dalam ketika dekat.

Lagu “Bonjour” pada hematnya menunjukkan cerita pilu seseorang wanita. Ia jatuh cinta dalam pandangan pertama pada seseorang laki-laki , tetapi sayangnya rasanya itu tidak berujung cantik. “Lagu ini bercerita tentang love at first sight seseorang wanita ke lawan jenisnya. Ia ingin sekali berkenalan & menyapa pria itu, ingin tau siapa dia dan darimana asalnya?,” ujar Rahma Sekar Savitri melalui siaran pers.

Namun, lanjutnya waktu hendak didekati, wanita itu melihat dari kejauhan bahwasanya laki-laki  yang dicintainya dihampiri oleh seorang wanita, dan ternyata perempuan   tersebut adalah pasangannya. “au revoir”… & perasaan cinta pandangan pertamanya itu berujung pilu,” ujar Rahma Sekar Savitri.

Meski menghadirkan cerita yang pilu, “Bonjour” lantas tidak serta merta dikemas menggunakan pendekatan musikal yang mendayu, justru Madame & Toean menampilkan latar musik penuh keceriaan buat mengelaborasikan kepiluan lirik. Sentuhan yang dikemas ini menyajikan nuansa musik bergaya gypsy-jazz menggunakan irama ala musik Eropa tahun 40-an. Menjadikan lagu ini terdengar unik & kondisi makna.

Lagu “Bonjour” turut dibarengi oleh ilustrasi. Madame & Toean menunjuk seniman muda dari Bandung bernama Lutfil Hadi (@sakadang_keos) buat mencoba mendeskripsikan makna menurut lagu secara menyeluruh. Meski pilu, warna dan tekstur yang digambarkan pun menampilkan muatan positif penuh rona. Pesannya tersirat; bahwa setiap hari kita harus terus berlaku ceria, penuh akan rona, layaknya bunga-bunga di lebih kurang yang dirawat setiap hari & tidak boleh layu begitu saja karena kecewa yang tidak seberapa.

Sampul Bonjour Luthfil Al Hadi%25C2%25A9

Lagu berdurasi tidak lebih dari 3 menit ini sudah mampu didengar dipelbagai layanan musik streaming misalnya Spotify, iTunes, Deezer & lain sebagainya terhitung Jumat, 23 November 2018. Satu minggu setelahnya, “Bonjour” juga akan tersedia secara cuma-cuma dan ekslusif di kanal free download milik situs kami; menggunakan alamat 8lightment.Com.

Madame & Toean merupakan kelompok musik yang terbentuk di Kota Bandung pada tanggal 9 Juli 2016. Pembetukannya bermula berdasarkan selera Rahma Sekar Savitri & Taufik Hidayat—akrab disapa Opick Bape, akan lagu-lagu lama  , utamanya musik bergaya gypsy jazz era ‘40an berdasarkan 2 negara tidak selaras, yakni Prancis dan Indonesia.

Di awal karir, Madame & Toean hanya berjalan dengan format duo, Rahma Sekar Savitri pada vokal dan Opick Bape pada gitar. Seiring ketika, Rahma Sekar Savitri dan Opick Bape memiliki gagasan untuk menambah jumlah instrumentasi, hal ini dimaksudkan supaya proses kreatif keduanya jauh lebih berkembang dan kaya.

Merujuk pada basis surat keterangan musikal, lalu dihadirkanlah bebunyian lain misalnya contra bas, cello, biola dan perkusi. Gitar, pun dipertebal menjadi 2 format buny; menggunakan gaya berbeda. Madame & Toean kini   beranggota: Rahma Sekar Savitri (vokal), Taufik Hidayat (gitar), Charly Septiana (gitar), Ilham Septia (contra bas), Mega Ariani (cello), Indira E. Hartanto (biola) & Dwi Prayoga N. (perkusi).

Dengan hadirnya anggota tambahan dan unsur bunyi yang ditawarkan, Madame & Toean bersepakat memberikan jenis musik gypsy jazz, namun dengan sentuhan tambahan misalnya ragtime & lain-lain, menjadi citra musikal. Senada menggunakan konsep awal, instrumentasi yang diusung oleh Madam & Toean, pun masih diseputaran musik ‘40an ala Prancis dengan peleburan era yang sama berdasarkan musisi Indonesia, masa lampau.

Madame & Toean secara filosofis adalah representasi menurut kawin silang budaya Prancis & Indonesia. Madam berarti status Perempuan yang sudah mempunyai Suami sedang Tuan berarti seorang yang dimuliakan sang bawaannya. Dua kata ini lalu ditulis sesuai ejaan masing-masing negara, Madam ditulis bergaya Prancis, “Madame”, sedang Tuan disiratkan dengan ejaan bahasa Indonesia yang belum disempurnakan, “Toean”. Definisi ini kemudian dileburkan & ditafsirkan ulang sebagai gambaran perkawinan musikal antara Prancis & Indonesia.


KEPSIR.com 

Previous Article

Yacko Rilis Single Kolaborasi Terbaru Bersama Lacos Berjudul “FYBV”

Next Article

Anime Blade Runner 2049 Bakal Digarap Jadi Serial Anime Nih!

MORE KEPS