fbpx

“Trans Europe Ramblers” Kolaborasi Paling Anyar Sunmantra X The Hydrant

Trans Europe Ramblers Artwork kepsir

Trans Europe Ramblers merupakan kolaborasi paling anyar antara Sunmantra dengan The Hydrant. Sebelumnya, kolektif dark disco x kongregasi rockabilly tersebut pernah berkongsi dan nerbitin versi elektronik dari lagu Bali Bandidos milik The Hydrant.

Kalo di edisi lalu bentuk kerjasamanya berupa remix, kali ini materinya sama sekali baru. Lagu yang dibuat belum pernah muncul ke publik juga dikerjain bareng-bareng dari awal. Trans Europe Ramblers bernafaskan rockabilly yang lebih danceable dengan sentuhan new wave, techno dan dark disco ala Sunmantra.

Nuansa gitar terdistorsi dan fill in harmonika dari The Hydrant melebur dengan beats dan isian synthesizer dari Sunmantra yang berusaha ngegambarin suasana tur Eropa The Hydrant pada Juli tahun lalu yang meriah nan magis. Nuansa Eropa Timur terwakili dari notasi-notasi yang dibangun kedua grup musik tersebut, memperkenalkan dimensi baru khas area elektronik sayap kiri yang saat ini lagi bermutasi.

Sunmantra

Proses ini memakan waktu lebih dari sebulan. Kedua pihak saling ngelempar ide dan aransemen via email dan whatsapp untuk nyelesain tahap produksi awal lagu. Proses rekaman kemudian dilakuin di studio miliknya The Hydrant serta proses akhir—finishing—dilakukan di studio Sunmantra.

Ide kerjasama bilateral ini datang dari Sunmantra. Bernardus Fritz Adinugroho, Jonathan Pardede dan Omar Joesoef kepincut dengan energi liar dan magis khas rockabilly —yang kadang ngarah ke psychobilly— yang diusung sama Marshello, Adi, Chris, dan Vincent.

 Sunmantra sendiri sejatinya penggemar musik dari wilayah rockabilly dan sekitarnya serta beberapa kali udah masukin unsur dari aliran musik tersebut ke dalam karya mereka. Bisa berkolaborasi dengan grup musik terbaik di aliran itu memang mimpi kolosal Sunmantra.

the%2Bhydrant

Belum pernah terjadi di negeri ini dan saling silang elemen elektronik dengan rockabilly niscaya ngehasilin produk unik-menarik!
.

Dirilis lewat label rekaman Pon Your Tone (Dipha Barus, Monica Karina, Mbe, Andre) Lagu Trans Europe Ramblers rencananya bakal dibawain secara live sama Sunmantra dan The Hydrant pertama kalinya di konser Franz Ferdinand di Potato Head, Bali, pada 2 Desember 2018.

For more information:
Instagram: @thehydrantbali dan @sunmantraofficial


KEPSIR.com 

Previous Article

SUMAR Rilis Music Video “Ghost”

Next Article

Lama Hiatus, Humi Dumi Kembali dengan Melahirkan Single "Pathless"

MORE KEPS
EP Tiga Puluh
Read More

TIGA PULUH, Mini Album ASHARENO, Gambaran Problematika Para ‘30ers.

Seluruh proses kreatif EP Tiga Puluh ini dikerjakan oleh Ashareno dengan bantuan beberapa rekannya. Lirik & lagu ditulis sendiri oleh Ashareno, kecuali untuk lagu Tak Bisa Lupakan yang ditulis oleh Aulia Nurfebrilianti yang mana adalah adik kandung dari Ashareno. Untuk urusan aransemen musik ia dibantu oleh Pandu Prayoga dari Cheery Trees dan Agung Dwi Saputra dari D'Ningrat. Proses perekaman album dilakukan seluruhnya di Lantai Dua Music Production. Sementara untuk pengerjaan mixing & mastering digarap di E-Music Id oleh Vino Mareza.