fbpx
EP Tiga Puluh

TIGA PULUH, Mini Album ASHARENO, Gambaran Problematika Para ‘30ers.

Seluruh proses kreatif EP Tiga Puluh ini dikerjakan oleh Ashareno dengan bantuan beberapa rekannya. Lirik & lagu ditulis sendiri oleh Ashareno, kecuali untuk lagu Tak Bisa Lupakan yang ditulis oleh Aulia Nurfebrilianti yang mana adalah adik kandung dari Ashareno. Untuk urusan aransemen musik ia dibantu oleh Pandu Prayoga dari Cheery Trees dan Agung Dwi Saputra dari D’Ningrat. Proses perekaman album dilakukan seluruhnya di Lantai Dua Music Production. Sementara untuk pengerjaan mixing & mastering digarap di E-Music Id oleh Vino Mareza.

Ekspektasiku gak tinggi. Aku cuma pengen nemenin kalian dengan lagu-laguku lewat EP Tiga Puluh ini.

~ ASHARENO, EP TIGA PULUH

Menginjak usia 30 tahun bagi sebagian individu adalah masa-masa penuh problematika. Tuntutan dari lingkungan dan keluarga untuk mencapai tingkat kemapanan tertentu, baik secara ekonomi maupun sosial. Belum lagi harus sering dibanding-bandingkan dengan rekan sebaya. Mulai dari urusan finansial, pekerjaan layak, pernikahan, sampai urusan keturunan.

Tekanan dan dilema yang lebih besar lagi dirasakan oleh mereka yang di usia tersebut masih menyandang status lajang. Permasalahan ini kerap menimbulkan stres yang cukup mengganggu bagi mereka yang baru saja memasuki fase usia tersebut.

Pengalaman akan masalah serupa pula yang akhirnya mendorong Ashareno menuangkannya ke dalam lirik-lirik lagu di mini album perdananya yang bertajuk Tiga Puluh.

Lagu-lagu di EP Tiga Puluh menurut Ashareno, adalah rangkuman seluruh permasalahan yang ia alami di usia 30 tahun. Beberapa judul lagu seperti Doakan Aku Mapan dan Standar Cinta, berisi tentang kegundahan finansial pria usia tiga puluh. Selain itu ada juga Penenang, Tak Bisa Lupakan, Sakit Tapi Tak Berdarah, dan Kuingin Kamu yang mewakili liku-liku kehidupan asmara di usia tersebut.

ASHARENO ON STAGE edited 1
DOKUMENTASI ASHARENO

Ashareno sendiri adalah musisi kelahiran Makassar, dan aktif berkarya di kota Bandar Lampung sejak tahun 2006. Sebelum akhirnya memilih bersolo-karir, ia pernah tergabung dalam beberapa band. Mulai dari The KrotjoKearifan LokalAkar PohonNada And The Teacher, dan yang terakhir Goodbye Jojo. Sempat pula didapuk menjadi additional guitar player untuk Afternoon Talk.

Mulai menulis lagunya sendiri dalam format akustik, ia kemudian merilis single Lepaskan Ikhlaskan Saja di tahun 2019 dengan menyandang Mr. Reno sebagai nama panggung, sebelum akhirnya memutuskan mengubah nama panggung tersebut menjadi Ashareno.

Seluruh proses kreatif EP Tiga Puluh ini dikerjakan oleh Ashareno dengan bantuan beberapa rekannya. Lirik & lagu ditulis sendiri oleh Ashareno, kecuali untuk lagu Tak Bisa Lupakan yang ditulis oleh Aulia Nurfebrilianti yang tak lain adalah adik dari Ashareno.

Untuk urusan aransemen musik ia dibantu oleh Pandu Prayoga (Cheery Trees) dan Agung Dwi Saputra (D’Ningrat). Proses perekaman album dilakukan seluruhnya di Lantai Dua Music Production. Sementara untuk pengerjaan mixing & mastering digarap di E-Music Id oleh Vino Mareza.

Ashareno Tiga Puluh EP Cover
Cover EP Tiga Puluh Ashareno

Ada hal cukup menarik dari EP Tiga Puluh. Di kala banyak musisi pilih merilis albumnya di venue yang dianggap elegan dan eksklusif, tepat di 18 Oktober 2020 lalu Ashareno justru memilih Nasi Uduk Mang Acin sebagai lokasi “Rilis Parteeh EP Tiga Puluh”. Tempat ini sangat dikenal oleh masyarakat Bandar Lampung sebagai titik kuliner yang merakyat dengan konsumen dari berbagai kalangan.

“Aku sengaja pilih tempat ini, karena konsumennya mewakili target yang aku sasar di EP Tiga Puluh. Permasalahan yang kuangkat di mini album ini lebih sering dialami oleh mereka yang mana kebanyakan juga adalah segmentasi pasar dari Nasi Uduk Mang Acin.” terang musisi yang akrab disapa Reno ini.

ASHARENO ON RILIS PARTEEH 2
DOKUMENTASI RILIS PARTEEH EP TIGA PULUH

Melalui mini album ini, Ashareno ingin mengajak semua pria untuk berani memperjuangkan cintanya, seberat apapun rintangan yang akan di hadapi untuk menggapai cinta tersebut. Ashareno berharap EP yang sudah dirilisnya mampu menemani, mengobati, bahkan memberikan harapan buat para ‘30ers yang sangat rentan dengan stres dan kehilangan harapan akibat tekanan tinggi dari lingkungan sekitar.

“Ekspektasiku gak tinggi. Aku cuma pengen nemenin kalian dengan lagu-laguku lewat EP Tiga Puluh ini. Semangat terus ya teman-teman!” tutup Ashareno.

Kepsir!

EP TIGA PULUH DARI ASHARENO SAAT INI SUDAH BISA DIDENGARKAN DI SELURUH PLATFORM MUSIK DIGITAL.
EP Tiga Puluh on Spotify

More Info :

Instagram : @ashareno_ 

Email : asharenonurpratama@gmail.com

Previous Article
Artwork - Ratapan Rahmana

Bella Fawzi dan Asteriska 'Barasuara' ungkap sisi melankolis Rahwana dalam 'Ratapan Rahwana'

Next Article
Forgive Us MRNMRS

MRNMRS membagikan kabar gembira mengenai perilisan single terbaru dengan judul "FORGIVE US"

MORE KEPS