fbpx

Patung John Bonham Diresmikan di Inggris, Bersamaan dengan Ulang Tahunnya yang ke-70

john bonham

Mei lalu, patung drummer legendaris John Bonham didirikan di alun-alun Mercian Square di kampung halamannya, Redditch, Inggris. Patung ini diresmiin tepat dengan ulang tahunnya yang  ke-70 .

Patung Bonham punya tinggi sekitar dua meter, dengan lebar sekitar lima meter dan berat lebih dari 2268 kg. Sisi depan patung ini nampilin Bonham yang lagi mainin drum. Sementara di sisi lain nempilin gong dengan ukiran nama lengkapnya, John Henry Bonham.

john bonham kepsir

Selain itu ada juga ukiran simbol Led Zeppelin IV miliknya juga tanggal lahir dan kematiannya, 31 Mei 1948 dan 25 September 1980. Di bawah simbol itu terukir kalimat, “The most outstanding and original drummer of his time, John Bonham’s popularity and influence continue to resonate within the world of music and beyond.”

– A D V E R T I S E M E N T-

Si pembuat patung Bonham, Mark Richards, ngegunain lapisan cat anti-graffiti sebagai pelindung. Strategi ini ia gunain pasca patung David Bowie dirusak sama cat graffiti dua hari setelah didirikan di Aylesbury, England, pada awal tahun ini.

“Saya senang monumen pahatan saya buat John Bonham sudah didirikan di pusat kota Redditch. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mewujudkan hal ini,” tulis Richards di akun Twitter-nya.

Delighted that my memorial sculpture to John Bonham was installed over night in Redditch town centre. Thanks to all who helped make this happen. #johnbonham #johnbonhammemorial #johnbonhambirthday #redditch pic.twitter.com/VG3HOr2ubl

— Mark Richards (@markxrichards) May 31, 2018

Richards juga bilang kalo pondasi patung Bonham terinspirasi dari situs Giant’s Causeway di Irlandia Utara. Situs itu terlebih dulu dipopulerkan lewat sampul album Led Zeppelin, Houses of the Holy (1973). Menurut si Richards, ada beberapa referensi Led Zeppelin lainnya yang gak muncul di foto yang ia unggah.

Kampanye pendirian patung Bonham awalnya diinisiasi sama adik perempuannya, Deborah, sejak beberapa tahun yang lalu, dan akhirnya disetujui sama Redditch di bulan Oktober 2017.

Sebagian besar dana penggarapan patung Bonham berasal dari hasil donor swasta.

Previous Article

Stereo Wall Rilis Video Klip Single Terbaru 'Forever'

Next Article

Cannot Play, Mengulas Balik Kenangan Lewat Single 'Akhiri Tuk Lanjutkan'

MORE KEPS
EP Tiga Puluh
Read More

TIGA PULUH, Mini Album ASHARENO, Gambaran Problematika Para ‘30ers.

Seluruh proses kreatif EP Tiga Puluh ini dikerjakan oleh Ashareno dengan bantuan beberapa rekannya. Lirik & lagu ditulis sendiri oleh Ashareno, kecuali untuk lagu Tak Bisa Lupakan yang ditulis oleh Aulia Nurfebrilianti yang mana adalah adik kandung dari Ashareno. Untuk urusan aransemen musik ia dibantu oleh Pandu Prayoga dari Cheery Trees dan Agung Dwi Saputra dari D'Ningrat. Proses perekaman album dilakukan seluruhnya di Lantai Dua Music Production. Sementara untuk pengerjaan mixing & mastering digarap di E-Music Id oleh Vino Mareza.