fbpx

Mariya Takeuchi – Plastic Love, Lagu Jadul Viral di YouTube

Mariya%2BTakeuchi

Siapa nih yang lagi nonton YouTube, terus ngelihat Mariya Takeuchi – Plastic Love di bagian rekomendasi? Banyaklah pastinya.

Dari album Variety

Pada tahun 1982, Takeuchi menikahi penyanyi-penulis lagu Tatsuro Yamashita dan menunda kariernya karena hamil.

Ketika kembali terjun ke industri musik Jepang tahun 1984, ia meraih kesuksesan komersial besar, bahkan lebih sukses setelah ia menikah.

Variety adalah album comebacknya, dan di album ini ada lagu Plastic Love.

Bukan foto Plastic Love

mariya takeuchi

Kalo lihat gambar di YouTube Plastic Love, mungkin kamu nyangka itu cover single atau albumnya. Tapi padahal, foto Takeuchi berbaju sekolah tersebut adalah sampul album “Morning Glory”.

Karya-karya Takeuchi dari tahun 1980-an kembali populer pada tahun 2010-an seiring munculnya vaporwave (dan genre future funk).

Seniman vaporwave mencari lagu-lagu pop Jepang yang kurang terkenal untuk dijadikan acuan komposisi baru mereka.

Selain itu, algoritma YouTube merekomendasikan singel Takeuchi tahun 1984, “Plastic Love”, kepada para pengguna situs pada pertengahan sampai akhir 2010-an.

Dibajak artis Kpop

yubin

Saking viralnya lagu ini, ketika ada bintang kpop yang merilis lagu mirip Plastic Love, netizen geram dan menuduhnya plagiat.

Yubin, mantan anggota Wonder Girls yang diklaim plagiat Plastic Love, pun membatalkan untuk merilis album solonya.

Jadi meme dan dikagumin

meme

Setelah “Plastic Love”  mendadak dikenal luas, Takeuchi menjadi pujaan para penggemar di berbagai situs seperti DeviantArt dan Tumblr.

Para pembuat konten di situs-situs tersebut membagikan gambar dan meme tentang Takeuchi.


Previous Article

Alaska Eight, Mencari Resiko Untuk Sebuah Pencapaian di Luar Imajinasi

Next Article

Kayaknya Ini Penyebab Musik Rock Masa Sekarang Ini Jadi Stagnan

MORE KEPS
EP Tiga Puluh
Read More

TIGA PULUH, Mini Album ASHARENO, Gambaran Problematika Para ‘30ers.

Seluruh proses kreatif EP Tiga Puluh ini dikerjakan oleh Ashareno dengan bantuan beberapa rekannya. Lirik & lagu ditulis sendiri oleh Ashareno, kecuali untuk lagu Tak Bisa Lupakan yang ditulis oleh Aulia Nurfebrilianti yang mana adalah adik kandung dari Ashareno. Untuk urusan aransemen musik ia dibantu oleh Pandu Prayoga dari Cheery Trees dan Agung Dwi Saputra dari D'Ningrat. Proses perekaman album dilakukan seluruhnya di Lantai Dua Music Production. Sementara untuk pengerjaan mixing & mastering digarap di E-Music Id oleh Vino Mareza.