fbpx

Graffiti dan Wanita


Snapshot 2017 9 27 21 14 10

Graffiti, mungkin yang tersirat di benak kalian setelah mendengar kata ini adalah vandal, liar, dan laki-laki. Tapi apa kalian tau graffiti yang sebenarnya itu seperti apa?

Graffiti sendiri adalah sebuah bentuk seni visual dengan media cat kaleng dan cat semprot dengan menggunakan ruang publik sebagai kanvasnya. 

Karya seni yang di hasilkanpun cendrung lebih fun art atau bersifat personal, kontroversial, dan sedikit memliki unsur perlawanan di dalamnya. Graffiti-pun cendrung lakukan oleh seorang laki-laki, namun apa jadinya jika seni melukis tembok ini di lakukan oleh para wanita?

Ya, hal inilah yang sedang terjadi di era serba canggih dan modern saat ini. Tidak jauh beda seperti para laki-laki, para graffiti artist wanita inipun tidak segan-segan dalam menuangkan karyanya di media tembok. Mulai dari menaiki tangga, berkeringat, terpapar sinar matari seharian,  sampai harus merelakan jari-jari manisnya di lumuri oleh cat.
Karya yang di tuangkan oleh para graffiti artist wanita inipun cendrung bersifat lebih fun art bebas, dan bermain dengan warna warna yang indah. 
Graffiti Artist wanita ini bukan baru-baru ini saja ada di Indonesia, namun sudah ada sejak 10 tahun yang lalu lahir bersama para graffiti artist laki-laki lainnya namun karna sedikitnya para pelaku graffiti wanita ini dan minimnya alat komunikasi serta media sosial yang tidak secanggih saat ini membuat mereka tidak semenonjol dengan para graffiti artist laki-laki lainnya.
Namun kini seiring berkembangnya ilmu teknologi membantu mereka para graffiti artist wanita untuk saling sharing dan berkumpul dalam sebuah forum media social yaitu Ladies On Wall
Kini tidak hanya di kota-kota besar saja para graffiti artis wanita ini berada, namun juga ada di kota-kota lainnya seperti Tasikmalaya, Sumedang, Tanggerang dan di Bandar lampung. 
Untuk di lampung sendiri sudah memiliki seorang graffiti-mural artist yang sudah bertahun tahun menekuni seni melukis tembok tersebut, yaitu Nana A Wulan atau biasa di sapa Nana.

 
Nanahadir sebagai graffiti-mural artist satu-satunya di Bandar lampung dan merubah pola fikir masyarakat dengan pemahaman negative tentang graffiti dan merubah pandangan tersebut dengan sebuah karya hebat dari tangannya.

Snapshot 2017 9 27 21 14 27 
Snapshot 2017 9 27 21 10 20 
Snapshot 2017 9 27 21 10 41 

Kalo mau kepoin lebih lanjut, langsung aja nih follow dan kepoin instagramnya di @nonana__

__
Oleh sv_saaa | Photo by Instagram

Previous Article

Bikin Meme di Indonesia Meningkatkan Peluangmu Masuk Penjara

Next Article

Label-Label Inilah Yang Bikin Musik Indie Indonesia Tetap Keren

MORE KEPS