fbpx
CUEK ADALAH KUNCI - RIOT CIRCLE ZINE

Cuek adalah kunci

Mungkin banyak disekeliling kita yang sedang di fase stagnasi dalam berkarya, dalam pekerjaan, produktif dalam segi apapun. Bukan tentang faktor finansial tapi terkadang hal yang membuat stag dalam berkarya adalah omongan orang. Yess… omongan orang/komentar khlayak sekitar yang terkadang atau bahkan sering menjadi problem dalam proses berkembang. Sepele kan? Iya sepele, akhirnya terlalu insecure terhadap diri sendiri yang akhirnya mengarah ke overthinking dan akhirnya stag dalam berkarya.

Sebenarnya kita tidak akan pernah bisa mengontrol pendapat orang lain terhadap diri kita, terhadap karya yang kita buat. Semua bebas berpendapat, bebas mengomentari tanpa tau proses yang kita lalui. Memang jika kita tidak bisa memfilter sendiri, kita bisa terbunuh secara verbal, yang menjadi ironinya adalah orang orang berkomentar secara digital. Yes we know…  Tau sekarang orang lebih pintar dengan jempolnya dari pada dengan otaknya.

Tidak ada yang bisa melarang hak-hak orang berkomentar, tidak ada juga yang melarang dan membatasi kita dalam berkarya juga. Kembali lagi ke individu kita, kira-kira komentar yang orang lain utarakan itu apakah membangun kita? atau hanya komen kosong tanpa ada value. Malahan komentar yang tidak ada value ini yang terus berkutat dalam pikiran kita. Terlalu mengaminkan omongan orang justru itu yang menjadi penyakit. Komentar yang mungkin tidak perlu kita dengar, misalnya ah dia mah sok keren, sok kritik sana sini, cari perhatian aja”, “anak kemaren sore aja sok paling tahu”, “apasih nyindir terus di sosmed”.

Kita memang tidak ingin dicap sebagai manusia yang bebal atau anti kritik, yang dimana semua komentar itu pasti tidak semua negatif dan tidak semua positif, selagi kita masih punya filter dengan komentar orang lain, kita tidak perlu pusing deh. Memang jika itu terus menyerang pikiran dan lama-lama psikis kita pun ikut terserang dan akhirnya kita sendiri yang akan rugi. Banyak hal yang akan terlewatkan jika selalu memikirkan komentar orang. Semua orang punya kebebasan untuk berkomen, tapi semua orang juga punya kebebasan yang sama untuk tidak merespon komentar yang sekiranya tidak ada isinya. Kuncinya cuma satu yaitu CUEK!

Selagi kita berkarya dengan baik, jujur, dan ikhlas pasti kita akan mendapatkan hal yang setimpal, toh juga kita tidak merugikan orang lain, semua kita kerjakan sendiri. Persetan omongan orang yang gak penting! Lakukan terus apa yang kita anggap benar, apa yang kita tahu, terus belajar dan menggali skill dengan apapun yang kita buat.

Do What You Want and Do What You Can…

Previous Article
RAMA DAVIS

Cara Move On Menarik ala Rama Davis di single terbaru, 'Fly The Airplane'

Next Article
artwork-Larung Memori-Pale Skies

Pale Skies rilis single terbaru "Larung Memori"

MORE KEPS
MAHASISWA VS KOMUNITAS riot
Read More

MAHASISWA VS KOMUNITAS

Untuk mahasiswa/i yang masih suka minta amal di lampu merah, coba ubah pola pikir kalian, kalian bisa lakukan dengan hal-hal yang lebih simpel contohnya ya jual gorengan mungkin? Itu lebih cool dari pada kalian nampang badan di lampu merah.