fbpx
Electric Picnic is the most popular music festival in IrelandCredit: Reuters

“SPEAK OUT” Perempuan dalam Skena Musik

“Kembalilah ke dapur!” sungguh suatu budaya patriarki yang membusuk!.

Memang tak mudah menjadikan stigma yang sudah mengakar, meskipun salah, dalam sekejap menjadi benar. Perlu kajian-kajian dan pemikiran panjang selain diskusi yang rumit. Tapi sebenarnya, kita bisa dengan mata telanjang melihat bagaimana posisi perempuan dalam konstruksi industri musik di Indonesia. Mungkin secara tidak sadar, musisi-musisi itu melakukan pelecehan dengan dalil ‘yang disukai’ dan ‘liriknya langsung menohok’. Untuk siapa? Ini salah laki-laki atau industri?

Kita mempunyai sejarah yang baik tentang kesetaraan gender dalam bermusik Di indonesia sendiri ada band Dara Puspita yg aktif di era 60-an hingga 70-an , mendobrak batas kebudayaan di tanah air. Perlu diketahui, di era kepemimpinan Soekarno, budaya westernisasi melingkupi budaya pop seperti musik, sungguh dilarang eksistensinya oleh sang bapak proklamator.

Walau usia band ini tergolong singkat, hanya sekitar tujuh tahun, setidaknya Dara Puspita telah membukakan jalan dengan memantikkan api ‘kebebasan’. Hal ini tentu jadi pemicu bagi wanita-wanita pribumi lainnya untuk bebas berkesenian dan berekspresi. Warisan yang disebar oleh kuartet Dara Puspita kemudian menular hingga ke beberapa dekade kemudian sehingga memunculkan‘kartini musik’ hebat lainnya.

Pentingnya bagi sesama perempuan untuk saling mendukung satu sama lain dalam berkarya, baik itu dalam ranah musik, seni, atau menulis untuk zine/Magazine. ruang yang lebih aman bagi perempuan dalam kerumunan konser juga merupakan hal yang penting. Pelecehan seksual yang terjadi dalam konser/gigs adalah turunan dari persoalan ketimpangan gender, dalam kerumunan konser perempuan sering kali mengalami pelecehan seksual; oleh karena itu, kita harus mewujudkan rasa aman bagi perempuan ketika berada di konser dan hal itu semua berlaku untuk para Event organizer, penonton konser, performer etc. Karena menonton konser adalah hak semua orang, terlepas dari siapapun musisinya dan apapun genrenya Namun, ada baiknya jika kita tetap harus mengutamakan keselamatan diri kita sendiri dengan melihat kondisi sekitar terlebih dahulu, karena perempuan juga mempunyai hak yang sama untuk bersenang – senang di area Moshphit.

Ketimpangan gender di dalam musik bukan lagi jadi hambatan bagi kaum hawa untuk menetaskan karya terbaiknya. Baik pria dan wanita kini telah memiliki kesadaran akan persamaan derajat. Perlahan tapi pasti, pandangan ‘pria lebih superior ketimbang wanita’ mulai memudar dengan sendirinya karena Musik sebagai napas ekspresi, ruang untuk orisinalitas nilai rasa untuk semua gender.

PS : Tulisan ini terjadi akibat obrolan sore “Ber-Dosis tinggi” yang diprakarsai oleh masboi dan masbuls disuatu tempat yang terus berjalan tetapi tidak ada jalan.

Previous Article
Nino' RAN bersama Hindia

'Si Lemah', lagu penutup Project Omne Trium Perfectum The Series dari Nino' RAN bersama Hindia

Next Article
RANXHINDIA SI LEMAH

Seminggu rilis, Si Lemah sudah dinikmatin 380 ribuan viewers di Youtube !

MORE KEPS
EP Tiga Puluh
Read More

TIGA PULUH, Mini Album ASHARENO, Gambaran Problematika Para ‘30ers.

Seluruh proses kreatif EP Tiga Puluh ini dikerjakan oleh Ashareno dengan bantuan beberapa rekannya. Lirik & lagu ditulis sendiri oleh Ashareno, kecuali untuk lagu Tak Bisa Lupakan yang ditulis oleh Aulia Nurfebrilianti yang mana adalah adik kandung dari Ashareno. Untuk urusan aransemen musik ia dibantu oleh Pandu Prayoga dari Cheery Trees dan Agung Dwi Saputra dari D'Ningrat. Proses perekaman album dilakukan seluruhnya di Lantai Dua Music Production. Sementara untuk pengerjaan mixing & mastering digarap di E-Music Id oleh Vino Mareza.
af6ba8193317d0b0e36c30b3657a13eb
Read More

Psychedelic, Culture, Sains dan Perlawanan

Sampai sampai Amerika Serikat juga membuat undang undang yang memasukan zat dan obat obatan psychedelic serta ganja dalam kategori obat obatan yang berbahaya level 1. Dengan anggapan mempunyai ' potensi tinggi penyalah gunaan dan tak ada penggunaan medis yang di terima saat ini '. dan saat itu pula pioner psychedelic Timothy Leary di tangkap.