fbpx

Yes, Gue Anak Indies!

Budaya Indie, Mainstream Masa Kini

From youandmeside
lead 960

Indie merupakan singkatan dari independen (independent), indie mempunyai definisi menjadi tidak tergantung pada aliran yang umum saat ini (mainstream). 

Tidak hanya sekedar mandiri, namun menjadi indie berarti harus berani tampil beda dan berani melakukan percobaan. Kata indie ini pun sering dihubungkan dengan musik, film, dan bisnis.

Menggunakan kata indie, suatu kreasi artistik akan dianggap berada di luar aliran komersial, yaitu tanpa dukungan dari label mayor, studio mayor, atau sumber lain dengan keuangan yang melimpah.

Budaya indie adalah gaya hidup yang mulai populer di akhir abad ke 20, diilhami oleh gaya hidup avant-garde yang mengikuti trend sosial ‘underground‘. Budaya ini tidak ingin mengikuti aliran umum yang ada. Keinginan untuk berbeda dari umumnya budaya masyarakat menjadikan budaya indie seakan seperti budaya perlawanan.

Bahkan ada anggapan umum bahwa budaya indie adalah budaya anti kemapanan. Pengaruh utama yang memicu munculnya budaya indie adalah dukungan dan ketertarikan pada grup musik independen.

Tak hanya itu, pendekatan ‘do-it-yourself‘ (DIY) pada seni pun menjadi salah satu faktor pemicu lainnya. Karenanya budaya indie hingga saat ini tetap berkaitan dengan musik dan seni independen lokal. 
Namun sejak kemunculannya di sekitar tahun 1980an, budaya indie telah berkembang sangat pesat. Pengikut paham ini pun bertambah dari tahun ke tahun. Bahkan saat ini budaya indie telah menjadi aliran tersendiri, dengan pengikut yang hampir sama dengan mainstream yang dulu mereka tolak.  

Budaya indie pun berkembang bukan hanya sebagai budaya yang berkesan minoritas lagi. Saat ini budaya indie bahkan justru dapat dianggap sebagai mainstream yang mewakili kaum mayoritas. Ambil saja contoh sepatu kanvas yang dulu sempat menjadi salah satu perlambang budaya indie – jarang dipakai orang dan berbeda. Sekarang, sepatu kanvas telah menjadi sepatu paling umum dipakai oleh generasi muda.
Percobaan dan pembaharuan tidak tampak secara ekstrim di dalam perkembangan budaya indie. Yang tampak justru modifikasi ringan dari budaya indie yang sudah ada. Ini berarti agak melenceng dari konsep avant-garde yang merupakan motor penggerak budaya indie. Dan ketika dikembalikan ke arti sebenarnya, benarkah budaya indie saat ini masih dapat dikatakan indie? (ind)
*Avant-garde: Orang atau pekerjaan yang dianggap baru atau percobaan,terutama pada bidang seni, budaya, dan politik. Mereka mendobrak batas-batas normal untuk menciptakan sesuatu yang baru. 

Previous Article

Melawan Kaum Sayap Kanan - Spotify Memberangus Musik Favorit Neo-Nazi dan Kaum Rasis di Layanan Mereka

Next Article

Album Naik ke Laut, Perpaduan Melodi Alam Dan Suara Karya Holaspica

MORE KEPS