fbpx

Tentang Festival Coachella yang mungkin harus kamu tahu

Getty%2BImages%2Bfor%2BCoachella %2BFile
Getty Images for Coachella, File

Festival musik tahunan bergengsi Coachella Valley Music and Arts Festival, yang tahun ini rencananya akan digelar pada 12–14 dan 19–21 April. Coachella yang saat ini identik sama aksi musik keren, dengan bintang tamu bintang papan atas, yang rupanya dulunya sangat sederhana.

Kembali permulaan 1990-an di mana vokalis Pearl Jam Eddie Vedder merasa frustasikarena penggemarnya dipaksa untuk merogoh kocek cukup dalam untuk bisa menyaksikan konser mereka. Dalam rangka memboikot tempat yang ada di dalam kendali Ticketmaster, Pearl Jam memutuskan tampil di lapangan terbuka Empire Polo Club. Meskipun venue outdoor berlokasi di gurun terpencil di daerah California, konsernya tetap meraih sukses besar. Dan dari sinilah, Coachella Valley Music and Arts Festival lahir.

Sebelum jadi fenomena budaya yang dihadiri oleh para trendsetter baik di dunia musik ataupun mode seperti sekarang ini, berikut ini ada beberapa fakta tentang sejarah Coachella yang mungkin belum kalian ketahui.

Pada tahun awal penyelenggaraan mengalami kerugian

Coachella pertama kali digelar pada Oktober 1999, Coachella mematok harga tiket $50 saja perhari. Karena rendahnya harga tiket, Goldenvoice, pihak promotor Los Angeles, dilaporkan mengalami kerugian sampai $ 850.000.
Saat ini, tiket masuk umum untuk festival tiga hari sudah sampai kisaran $ 600.

Festival Coachella menginspirasi munculnya Stage Coach  

Stagecoach merupakan festival musik country yang biasa diadakan pada akhir pekan setelah pertunjukan terakhir Coachella. Stagecoach mulai digelar oleh Goldenvoice di tahun 2007, setelah pemilik Empire Polo Club berencana untuk merombak lahan jikalau Goldenvoice gak mampu membuat acara-berpenghasilan lain selain Coachella.

Coachella baru absen sekali sejak 1999

Festival Coachella selalu rutin digelar setiap tahun sejak 1999. Tapi di tahun kedua (2000), panitia terpaksa harus membatalkan festival dengan alasan bahwa wilayah California Selatan sudah sangat jenuh dengan konser musik pada saat itu.

Coachella gak lagi didominasi sama musik elektronik

Pada festival perdana, musik elektronik berjaya di festival dengan dominasi pertunjukan live sebesar 41 persen. Dominasi bergeser ke genre musik rock (26 persen) dan musik dance/house (24 persen) pada 2015.

Mulai tahun 2007 durasi Coachella diperpanjang

Gak seperti tahun belakangan ini, Coachella awalnya cuma berdurasi dua hari pada akhir pekan. Tapi karena permintaan yang terus meningkat, Festival Coachella kemudian diperpanjang menjadi tiga hari akhir pekan pada tahun 2007.

Sampai sekarang pria mendominasi panggung Coachella 

Sebelum kemunculannya Lady Gaga di 2017, Coachella cuma punya satu headliner wanita dalam sejarah delapan belas tahun, yaitu Björk, yang jadi headliner di festival pada tahun 2002 dan 2007. Lalu Beyoncé yang kemudian mencatatkan nama sebagai penampil berikutnya di festival pada tahun 2018.

Oknum berpesta miras dan narkoba

Kota Coachella, California merupakan kota kecil dengan penduduk kurang lebih 40.000 jiwa. Jadi, ketika masyarakat mendapat kesempatan untuk mengadakan festival musik yang meriah, gak jarang dijadikan ajang oknum kawula muda untuk berpesta miras dan narkoba.

Alhasil, pada Festival Coachella 2013, 90 orang ditangkap dalam waktu 3 hari selama festival berlangsung.

Tiket ludes hanya dalam hitungan 2 Jam

Di tahun 2004, tiket Coachella pertama kali terjual setelah Radiohead menjadi berita utama. Sekarang tiket Coachella bakal terjual habis hanya dalam beberapa jam saja. Jadi, untuk kamu yang mau menonton harus selalu bersiap untuk berburu tiket

Tiket festival Coachella mulai dijual Jumat, 10 Januari pukul 10 pagi PST (13:00 EST) di coachella.com.

Penonton berkemah di sekitaran lokasi

Awalnya, penggemar gak diizinkan untuk berkemah di Coachella, karena pihak panita khawatir dengan peristiwa mengerikan pada Woodstock tahun 1999 yang berakhir ricuh.

Namun, mengingat jumlah penonton yang membludak, pada 2003, Coachella mulai memperbolehkan penonton konser untuk memasang tenda atau berkemah di sekitar area festival.

Ada Babi di atas panggung

Pada tahun 2008, salah satu pendiri Pink Floyd, Roger Waters menjadi berita utama ketika ia tampil pada malam pertama festival. Awalnya, semua berjalan baik sampai ketika ada sebuah balon helium raksasa berbentuk babi yang melayang ke atas panggung. Balon helium babi itu bahkan melayang tinggi sampai sejauh dua kilometer dan mendarat di kota tetangga, La Quinta.

Konon katanya, balon helium babi itu mendarat di halaman rumah seseorang. Kemudian, pemilik rumah mengembalikan balon helium babi itu ke festival, dan karena kebaikannya itu ia mendapatkan banyak keuntungan. Ia dihadiahi empat tiket gratis nonton festival Coachella selama seumur hidup dan uang tunai $10.000 atau sekitar Rp 140 juta rupiah. Tapi, hadiah itu ia sumbangkan ke rumah sakit anak-anak dan ia hanya mengambil empat tiket emas keberuntungannya saja.


kepsir.com josh random guy fyre festival how much were tickets to fyre festival fyre festival what went wrong woodstock 1999  lady from fyre festival fyre festival ceo fyrecay fyre festival new york times magnises credit card gigi hadid

Previous Article

Resident Evil dikabarkan bakal jadi serial di Netflix

Next Article

Dr. Martens merilis koleksi baru hasil kolaborasi dengan Sex Pistols

MORE KEPS