fbpx

Sejarah Pin Dalam Subkultur Punk

Joly MacFie dan Better Badges

Artikel ini pertama kali tayang di Noisey.

Cerita seorang kolektor menjaga belasan ribu pin miliknya, serta alasan Better Badges berjasa mempopulerkan Ramones, Crass, Suicide, Joy Division, The Clash, hingga The Sex Pistols lewat budaya pin.

Joly MacFie dan Better Badges adalah produsen pin-pin langka yang gokil abis, karena terlibat kancah punk dari awal kelahirannya.

Better Badges adalah sebuah produsen pin asal Inggris. Mereka merupakan yang pertama kali membuat pin bertema punk di London bagian Barat pada 1976. Kurun 1977-1984, Better Badges menjadi pembuat dan penjual pin bertema punk dan post-punk nomor satu—jutaan pin mereka diekspor ke luar Inggris dari kantor mereka yang beralamatkan 286 Portobello Road.

Dianggap sebagai pelopor viral marketing, Better Badges membantu banyak label musik independen berpromosi. Lebih penting lagi, 40 juta pin yang mereka buat kala itu berperan penting membangkitkan scene punk di seluruh dunia.

Joly MacFie, pendiri Better Badges berprinsip setiap pendengar setia musik mampu membeli dan mengenakan pin. Akan lebih baik, baginya, jika seorang penggemar musik yang menciptakan tren baru, bukan karena prakarsa label musik atau malah industri. MacFie nantinya terlibat proses percetakan fanzine, termasuk Jamming!, Panache, dan i-D yangdikenal sebagai pencetus majalah gaya jalanan Inggris. Dengan semua rekam jejak itu, MacFie tetap paling dikenal berkat bisnis pin-pin bertema punk.

Image As Virus adalah pameran di 80 Washington Square East Gallery, New York, yang menampilkan sejarah pin-pin bertemakan punk. Tentu saja ada Better Badges di sana.

Pameran ini berisi lebih dari 10.000 pin koleksi pribadi Kevin Pedersen, pemilik record label What’s Your Rupture di Brooklyn. Kevin adalah pencetus akun Instagram Punk Badges yang menampilkan koleksi-koleksi pin bertema punk dari seluruh dunia.

Image As Virus menampilkan pin-pin dengan desain orisinal karya seniman seperti Peter Saville, Barney Bubbles, Jamie Reid, dan Linder Sterling. Desain-desain merchandise orisinil yang langka dari band-band macam Ramones, Buzzcocks, Crass, Suicide, Joy Division, The Clash, The Sex Pistols, The Modern Lovers hingga Motorhead juga dipamerkan.

1

Buset elo punya lebih dari 10 ribu pin! Gimana nyimpennya tuh?
Kevin Pedersen: Cara yang paling benar, taruh semua pin di dalam berlapis-lapis kantong plastik. Mulai dari kantong sandwich kecil, diurutkan secara alfabet, sampai lapisan terakhirnya kantong plastik sampah yang gede. Setiap kolektor pasti pernah merasakan pin favorit mereka dibuang sembarangan oleh pacar/pasangan/istri mereka karena dikira sampah. Tega banget ya. Elo bisa liat pin-pin gue di akun instagram @punkbadges. Gue juga selalu pake satu atau dua pin di dalam jaket biar dekat di hati.

23

Kapan elo mulai ngoleksi pin?
Dua tahun lalu pas gue bokek dan engga punya duit beli vinyl. Gue akhirnya beli pin band Scars pas single mereka “Adult-ery/Horrow Show” dirilis, Harnya cuma US$ 1. Pin itu enak, harganya murah. Asal elo engga nyari yang langka-langka amat, kayak model yang ada di jaket Gaye Adverts. Membeli pin itu juga cara elo bisa tahu semakin banyak soal band yang elo suka atau cara memulai pembicaraan dengan musisi.

4

Pin favorit elo apa?
Pin favorit gue itu ‘Eat Shit’ yang katanya didesain Philthy Phil. Eh. tapi pin ‘Performing Ferret Band’ juga keren deng.

5

Kalo lagi ketemu orang yang di baju atau jaketnya ada pin, mata elo otomatis langsung fokus ke pin?
Enggak. Gue selalu menghormati orang dan natap muka pas ngobrol. Kadang-kadang kalo ada orang ngeliatin pin gue, mesti gue ingetin, “Halooo, muka gue di atas sini lho”. Tapi ya gue gak bisa nyalahin mereka juga. Pin emang menarik sih.

Gimana nentuin nilai pin? Dari seberapa langka atau tergantung band-nya?
Nah, betul itu. Nilai pin biasanya tergantung dari band apa yang ditampilkan dan seberapa langkanya pin itu. Emang pin itu murah kalau buat koleksi aja, biarpun ada juga yang harganya bisa sampe ratusan dolar. Jadi nilainya emang tergantung banyaknya orang yang menginginkan pin itu sih.

67

Gimana kita bisa tahu pin ini dibuat oleh Better Badges atau bukan?
Kualitasnya beda. Cetakannya Better Badges lebih detail. Tone, pengaturan, dan laminasinya semua top. Susah ditiru deh.

Apakah jenis musik yang paling identik dengan pin cuma punk?
Iya. Masa aktifnya Better Badges itu berjalan beriringan dengan periode punk. Better Badges mulai 1976 ketika Ramones tur ke Inggris, dan berakhir ketika New Romantics (era musik new-wave atau 80’s synth pop: Duran Duran, Boy George) dimulai pada 1983. Better Badges juga sempat bikin banyak pin reggae karena Joly suka banget dengan reggae. Ada juga yang bernuansa hippy Stonehenge, kultur narkoba…tapi kebanyakan band-band kayak Sex Pistols, Crass, Jilted John, Motorhead, Swell Maps, Raincoats, The Ramones, Xray Spex, Exhibit A, Ludus, Buzzcocks, dll.

89

Keps.

Previous Article

Newendi's Diary

Next Article

Seorang Pengguna 8track.com— Bikin Amal Jariyah Playlist Berdurasi 38 Jam Merekam Evolusi Musik Hip Hop

MORE KEPS