fbpx

Pentingnya Press Kit Bagi Sebuah Grup Musik Sebagai Penunjang Promo

press kit radiohead 2 1481560850

Ketika membentuk sebuah band, banyak unsur yang kudu dipenuhin demi kemajuan band itu sendiri. Tentunya selain segala hal yang berhubungan dengan musikalitas, misalnya skill bermusik, aliran yang diusung, referensi, maupun eksplorasi, dan lain sebagainya.

Dan ada hal-hal yang ngikut di belakangnya, salah satu target yang paling krusial itu; gimana caranya biar musik yang di-ciptain dapat didengar dan dinikmati sama khalayak ramai.

Berkaca dari kebutuhan promosi sebuah grup musik, tentunya ada strategi pemasaran yang kudu dilakuin. Salah satu perantara yang gak pernah usang untuk dijadiin strategi untuk ngenalin karya adalah lewat media massa.  Terus, apa aja yang perlu disiapin saat sebuah band mau meramu promosinya melalui media? Pastinya itu adalah press kit.

Kalo sebuah band mau dipasarin, udah seharusnya band itu ngasih keterangan jelas dan lengkap biar tujuan yang mau disampein dapet diserap dengan optimal. Tapi ternyata, belum semua pelaku musik bisa menuhin kebutuhan dari press kit yang sebenarnya itu adalah hal penting.

Jadi, apa aja yang kudu disiapin dalam sebuah press kit?

Press Release

Ini hal terpenting dalam press kit. Press release itu sebuah dokumen yang enjadi wadah untuk band  ngasih info mengenai karya atau kegiatan yang mereka lakuin. Contohnya, ada sebuah band yang mau merilis album, maka dalam press release tersebut sekurang-kurangnya dijelasin mengenai tajuk album, konsep yang diangkat, dan track list dalam album tersebut.
Semakin lengkap dan menarik press release dari sebuah band, maka konten yang bisa diangkat sama media juga bakalan semakin kredibel dan informatif.

Profil Band

press kit radiohead 2 1481560850

Karena media ituan salah satu wadah promosi, maka udah pasti subjek yang mau dipromosiin harus juga di-identifikasi.
Profil band disini berguna buat ngejelasin tentang keterangan didalam tubuh band itu sendiri. Keterangan yang disertain gak jauh dari biodata band atau musisi biar eksistensinya jadi lebih spesifik. Biasanya, yang ditunjukin didalam profil band itu nama band atau musisi perseorangan, personil dan bagiannya dalam bermusik, genre, referensi, atau bisa juga sejarah singkat yang dianggap menarik untuk orang lain tau.

Selain nama, bentuk identitas yang paling penting itu lewat foto band. Ini lanjutan dari kebutuhan identifikasi subjek. Foto band kudu berformasi lengkap dan terbaru, biar informasi yang disampaiin masih up to date. Selain foto, logo band juga jadi salah satu hal penting buat diperkenalin. Ini adalah salah satu bentuk identitas yang gampang buat diingat.

Artwork dari Karya Terbaru

https://i0.wp.com/www.djarumcoklat.com/images/media/press-kit---slayer-1481560869.jpg?w=1200

Selanjutnya,, karyanya. Cover album, single, EP, atau apapun yang berkaitan dengan karyanya bisa dijadiin medium biar buat semua mata yang ngeliat visualisasi ini jadi familiar. Katakanlah ada orang yang pergi ke toko kaset dan CD terus ngeliat ada gambar yang gak asing di matanya, pasti dia bakalan ngelirik. Nah, itu adalah salah satu benefit ketika band ngenalin visualisasi dari karya terbarunya. Jadi, buatlah visualisasi yang eye-catchy, biar pas media ngangkat dan orang-orang ngeliat, karya itu bakalan gampang diingat.

Lagu, Video, atau Dokumentasi

press kit radiohead 1481560901

Nama band udah, foto personil udah, keterangan karyanya udah, terus apalagi? Ya jelaslah, karyanya itu sendiri. Ada media yang langsung nyertain review terkait karya yang dihasilin. Walaupun gak seluruhnya, tapi karya tersebut dinyatakan perlu untuk disertakan sebagai pertanggungjawaban dari aktivitas promosi yang dilakuin si band. Karya tersebut bisa berupa audio, video, atau dokumentasi dari band yang nyelenggarain konser atau acara-acara serupa.

Di era teknologi informasi kayak sekarang ini, internet jadi salah satu andalan buat orang-orang mengakses segala macam informasi. Gak terkecuali tentang band dan musiknya. Link streaming dibutuhuin buat jadi “pemanasan” sebelum para pendengar membeli rilisan fisiknya. Bahkan, proses bersifat komersil pun udah dapet dilakuin via internet. Jadi, hal ini udah jadi hal yang semi wajib biar band dapet lebih mudah untuk diperhitungkan.

___

  • [message]
    •  Oleh  Karina
      • Artikel ini merupakan tanggung jawab masing-masing penulis sepenuhnya diatas. Isi posting tidak selalu sejalan dengan sikap dan kebijakan Kepsir Project.

Previous Article

Spring Summer, Kembali dari Rehat dengan Merilis Single Terbaru "Come Back As Rain"

Next Article

Penting - Enggaknya Cek Sound Sebelum Manggung!

MORE KEPS