fbpx

Penting – Enggaknya Cek Sound Sebelum Manggung!

SOUNDSYSTEM
Di kalangan temen-temen musisi dan sekumpulan orang yang biasa nyelenggarain acara/ event musik mah pastinya udah enggak aneh lagi ngedenger kata cek sound.

Secara sederhana cek sound itu bisa diartiin sebagai pemeriksaan alat-alat musik dan segala hal yang berhubungan sama speaker atau sound. Tujuannya ya tentu aja buat mastiin soundsystem berfungsi dan mampu ngeluarin suaranya dengan baik.

Cek sound biasanya dilakuin sebelum si artis tampil, kalo pas udah tampil ya ngapain cek sound (ya-iyalah!). Seringkali sih dilakuinnya beberapa jam atau sehari sebelum artis tampil atau naik panggung. Dengan adanya kesempatan untuk cek sound ini untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan yang nantinya disebabkan oleh sound.

Dalam setiap band biasanya punya kru yang bertanggung-jawab buat ngelakuin cek sound. Beberapa kru soundsystem itu bertugas untuk masang alat, mulai dari perkabelan, penempatan alat, dan menyambungkannya dengan mixer. Biasanya ada seorang soundman yang bakalan ngatur dan menandai channel pada mixer.

Setelah seluruh alat sudah siap, tahap selanjutnya itu nyobain kualitas suara dari masing-masing alat. Disini diperluin kerjasama yang baik antara para kru dan soundman. Gak jarang juga si artis dilibatin dikegiatan cek sound ini.

Cek sound bisa diibaratin kayak gladi resik-lah, jadi performance seorang musisi diatas panggung itu dapat dipengaruhi juga oleh cek sound.

Ya, seorang musisi pastinya bakalan ngasih 100 persen kemampuan terbaiknya diatas panggung. Bayangin kalo kita asik-asiknya nonton konser, moshing, eh tiba-tiba sound-nya mati atau suara vokalnya gak kedengaran atau suara bassnya lebih gede ketimbang drum (ya bisa aja kan?), Pastinya bakalan berdampak buruk untuk si penampil dan penontonnya juga.

Jadi ya jangan sepelein hal-hal kecil yang bisa ngeganggu penampilan diatas panggung. Gitu.

Bye.

___

  • [message]
    •  Oleh  no-name
      • Artikel ini merupakan tanggung jawab masing-masing penulis sepenuhnya diatas. Isi posting tidak selalu sejalan dengan sikap dan kebijakan Kepsir Project.

Previous Article

Pentingnya Press Kit Bagi Sebuah Grup Musik Sebagai Penunjang Promo

Next Article

40.000 mil Sunsetkilla, Psychedelic Rock dari Lampung

MORE KEPS
EP Tiga Puluh
Read More

TIGA PULUH, Mini Album ASHARENO, Gambaran Problematika Para ‘30ers.

Seluruh proses kreatif EP Tiga Puluh ini dikerjakan oleh Ashareno dengan bantuan beberapa rekannya. Lirik & lagu ditulis sendiri oleh Ashareno, kecuali untuk lagu Tak Bisa Lupakan yang ditulis oleh Aulia Nurfebrilianti yang mana adalah adik kandung dari Ashareno. Untuk urusan aransemen musik ia dibantu oleh Pandu Prayoga dari Cheery Trees dan Agung Dwi Saputra dari D'Ningrat. Proses perekaman album dilakukan seluruhnya di Lantai Dua Music Production. Sementara untuk pengerjaan mixing & mastering digarap di E-Music Id oleh Vino Mareza.