fbpx

Film: Johnny Depp akan berperan sebagai jurnalis foto Eugene Smith

johnnydeppascelebratedwarphotographerw.eugenesmithc2a9efb88f2019larryhorrickscropped28129
Larry Horricks

Johnny Depp akan berperan sebagai fotografer perang dalam film terbarunya berjudul, Minamata. Aktor berusia 55 tahun ini akan berperan sebagi William Eugene Smith (1918-1978), seorang jurnalis foto dari Amerika Serikat (AS) selama Perang Dunia Kedua.

Namun, Minamata tidak akan mengangkat kekejaman perangnya. Dalam laporan Variety-nya, Kamis (31/1/2019), Minamata diadaptasi dari sebuah buku berjudul Smith dan istrinya, Aileen Mioko Smith.

Buku itu mengisahkan tentang fotografer yang bertugas mengabadikan bencana keracunan merkuri yang menimpa penduduk kota Minamata di Jepang pada tahun 1971.

Buku Minamata akan di ekranisasi  oleh penulis skenario David K. Kessler sebagai film thriller. Kursi sutradara ditempati oleh Andrew Levitas.

Data dari IMDB menunjukkan bahwa pekerjaan Levitas sebagai sutradara hanya satu, yaitu film thriller berjudul Lullaby (2014). Pembuat film berusia 41 tahun ini lebih terkenal sebagai aktor.

“Saya senang bisa berkolaborasi dengan tim yang penuh talenta dan dedikasi dalam mengangkat cerita di balik bencana paling meluluhkan dan relatif jarang diketahui orang dalam waktu 100 tahun terakhir,” kata Levitas.

“Setiap pemain dan kru berjuang membuat suara masyarakat Minamata terdengar, begitu kami mulai syuting film ini,” lanjutnya.

Sementara itu, untuk Depp, Minamata seperti mengirup udara segar setelah ia tidak dimasukkan dalam proyek Pirates of the Caribbean terbaru.

Selain itu, reputasi aktor saat ini tidak baik karena masalah pribadi. Seperti krisis keuangan, perceraian dengan aktris Amber Heard dan alkoholisme.

Selain Depp, film ini akan menampilkan berbagai aktor Jepang seperti Minami Hinase, Hiroyuki Sanada, Tadanobu Asano, Ryo Kase dan Jun Kunimura. Ada juga aktor Hollywood, Bill Nighy.

Belum diketahui kapan Minamata akan ditayangkan di bioskop.

Perubahan dalam kehidupan jurnalis foto
Kisah William Eugene Smith di Minamata menarik untuk film.

Seorang jurnalis foto yang pernah bekerja untuk majalah Life dan menjadi anggota dari perkumpulan jurnalis foto elite Magnum, ia dianggap ahli dan finisher dalam pembuatan foto esai; kumpulan foto yang memiliki inti sebagai sebuah cerita besar.

Pada tahun 1971, Smith pergi untuk tinggal di Minamata bersama istrinya untuk meliput kasus kebocoran bahan kimia berbahaya yang mengandung merkuri di kota tersebut.

Ini adalah kasus klasik masyarakat biasa melawan perusahaan besar bernama Chisso Corporation. Limbah merkuri dari pabrik perusahaan tumpah ke laut. Ikan-ikan itu tercemar. Manusia terpengaruh karena menyantapnya.

Berbekal naluri seorang jurnalis perang, Smith mampu memotret saat-saat para korban secara terperinci; membuat karya yang menyentuh penontonnya. New York Times menulis pada Januari 1972 bahwa seorang karyawan Chisso telah memukulnya.

Kejadian ini mengubah hidup Smith yang membuat sebelah matanya rusak.

“Sebelum kejadian, penampilannya gagah, baik sebagai teman atau kolega,” kata Takeshi Ishikawa, asisten Smith, ketika dia bertugas di Minamata.

“Setelah kejadian itu, dia merasa kesulitan bekerja, dan selama karirnya dia selalu tampak tidak puas dengan hasil pekerjaannya. Itu normal, tetapi rasa sakit itu membuatnya marah dan sedih.”

Setahun kemudian, dia kembali ke rumah. Buku Minamata diterbitkan pada tahun 1975, pameran diadakan di balai kota. Tiga tahun kemudian, Eugene Smith meninggal karena stroke di negara asalnya.

Kamu akan menemukan beberapa gambar karya Smith di proyek Minamata di situs web Magnum.


kepsir.com 

Previous Article

Ketika Erix Soekamti menganggap penolakan RUU Permusikan "Lebay"

Next Article

RCZ : Semakin bungkam semakin beringas di negeri yang Maha Asyik (katanya ...)

MORE KEPS