fbpx

Mana yang Harus Kita Punya, Merchandise Band atau Merchandise Fanbase?

MERCHANDISE

Seperti yang kita tahu, sejak awal kemunculan distro / clothing company di industri kreatif negeri kita, sangat erat hubungan nya dengan dunia musik dan juga pergerakan komunitas. Dari pertama kemunculan distro / clothing company tidak hanya menyediakan produk dengan desain sesuai brand masing – masing, mereka juga mulai melirik pasar merchandise band, baik lokal maupun internasional.

Banyak sekali pihak distro/clothing company di Indonesia yang bekerjasama dalam pembuatan merchandise, baik untuk band bahkan fanbase nya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, ada pergeseran dimana band dan juga fanbasenya membuat merchandise masing-masing, tidak bisa dipungkiri terkadang terjadi “tarik menarik” diantara keduanya. “Tarik menarik” disini memiliki arti persaingan, bahkan ada satu kasus dimana merchandise band kurang peminatnya dibanding merchandise fanbase.

Bagi beberapa orang, memiliki merchandise band bisa jadi prestige tersendiri, mereka bisa menunjukan identitas musik, ketertarikan pada sebuah band,bentuk support atau bahkan hanya sekedar fashion style saja.

Bagaimana dengan merchandise fanbase? biasanya dipakai oleh segelintir orang yang memang tergabung dalam fanbase tersebut, bahkan yang tidak bergabung pun bisa memilik namun biasanya dengan harga yang berbeda. memakai merchandise fanbase bisa dikatakan sebuah bentuk support atau bisa juga sebagai penunjukan identitas si pemakai.

Hampir semua band pasti merilis merchandise sebagai salah satu alternatif pemasukan manajemen untuk menghidup band nya sendiri, sebagai bentuk propaganda dan eksistensi. Begitupun dengan fanbase, merchandise tersebut biasanya dibuat langsung oleh pengurusnya itu sendiri dengan alasan untuk bisa menghidupi kegiatan kegiatan mereka dan juga eksistensi. Banyak sekali ragam bentuk merchandise tersebut, dari mulai t-shirt, topi, gelang, jaket, buckle,nsepatu bahkan “boxer”sekalipun diproduksi.

Jadi mana yang harus kita punya? merchandise band atau merchandise fanbase?
Yang pasti memiliki salah satunya saja bisa dikatakan kita mendukung pergerakan mereka, apalagi jika kita memiliki keduanya. Asalkan merchandise tersebut barang asli dari si band atau fanbase nya. Jangan beli yang bajakan yah.

Photo ilustrasi : themerchandisecompany
___

  • [message]
    •  by  Sigit “OJ”
      • Artikel ini merupakan tanggung jawab masing-masing penulis sepenuhnya diatas. Isi posting tidak selalu sejalan dengan sikap dan kebijakan Kepsir Project.

Previous Article

40.000 mil Sunsetkilla, Psychedelic Rock dari Lampung

Next Article

Emosionalitas 'Atma', Single Pertama AlaskaEight

MORE KEPS