fbpx

Kalo Mau ke Luar Angkasa Kudu Nabung Berapa Lama Sih? Nah, Berikut Ini Rincian Biayanya

LUAR ANGKASA

Pelesir ke luar orbit Bumi betulan udah bisa lho. Masalahnya, butuh berapa duit ya vroh?

Nah, siapa tahu aja kalian ada yang tajir melintir, kami kasih gambarannya.

Gak semua orang itu kere kayak gue. Pasti ada-lah yang tajir melintir-lintir. Saking tajirnya, mereka menjadi jenis manusia yang rutin bepergian ke mancanegara demi mencoret bucket list atau memecahkan rekor tertentu. Orang jenis begini sudah biasa menyiapkan anggaran pelesiran dan itinerary yang detail banget. Tapi bagaimana kalo suatu ketika tukang jalan-jalan ini pengen pelesiran ke luar Planet Bumi? Duh, kayaknya ribet ay. Mana belum ada agen travelnya pula.

Tapi jangan putus asa dulu wahai tukang jalan-jalan. Masih ada harapan untuk kamu menggapai mimpi kok.

Dulu satu-satunya cara untuk bisa mengunjungi ruang angkasa adalah dengan cara ikut tes dan melamar posisi sebagai astronot. Tapi, tuntutan fisik dan mental yang ketat bagi astronot dan persaingan yang sengit untuk bisa ditunjuk menjalani misi. Itu menunjukkan kecilnya kemungkinan untuk mengunjungi ruang angkasa. Hanya ada sekitar 500 orang, dari ribuan kandidat, yang beruntung dikirim ke luar orbit bumi.

Tren ini benar-benar berubah pada 2001, ketika insinyur Dennis Tito membeli tiket perjalanan seminggu penuh ke International Space Station (ISS) seharga Rp275 miliar dari perusahaan Space Adventures. Ntap!

Beberapa turis luar angkasa kaya raya—atau yang ingin dipanggil astronot pribadi—memutuskan mengikuti jejaknya. Mereka membayar sekitar Rp275-Rp550 miliar untuk bergabung dengan kru stasiun saat bertugas di luar angkasa selama satu sampai dua minggu.

Harganya memang cukup mahal bagi penggemar luar angkasa biasa. Tapi industri ruang angkasa komersial semakin berkembang. Para pengamat, misalnya astronot NASA Don Thomas, menduga kalo harga tiket pelesir ke luar angkasa akan turun beberapa dekade mendatang.

Jadi, seberapa besar tabungan yang kalian butuhkan kalau mau pelesiran ke luar angkasa?

Sama seperti travelling lain, harganya tergantung pada seberapa jauh perjalanan kalian, dan kendaraan seperti apa yang kalian inginkan. Kami punya gambaran biaya yang bisa kalian rencanakan tabungannya dari sekarang untuk ongkos berangkat ke luar angkasa.

Pakai Penerbangan Suborbital: Rp2-3 Miliar.
Penerbangan suborbital adalah pilihan termurah buat mengunjungi luar angkasa, dengan ongkosnya saat ini diperkirakan sekitar Rp2-3 miliar per orang. Virgin Galactic sudah menjual ratusan deposit tempat duduk pesawat ruang angkasa suborbital perusahaan, VSS Unity, ke calon konsumen perorangan. Sedangkan Blue Origin sedang merencanakan penerbangan roket suborbital komersial dalam kisaran harga yang sama.

Yaaa… Harganya memang masih tergolong mahal, apalagi jumlah uang sebesar itu bisa kita gunakan untuk bayar DP rumah atau biaya investasi lainnya. Kalo gitu, kalian harus merencanakan dari sekarang kapan kalian ingin melakukan perjalanan luar angkasa, dan kalian juga harus menentukan berapa besar uang yang harus kalian tabung setiap bulannya.

Tapi, kalo bisa mah backpacker-an ke luar angkasanya. Ngeteng-ngeteng dah gak apa-apa.

  • [message]
    • ##check## Writer

Previous Article

Sebuah Karya Seni yang Mengajak Kita Meresapi Fetish Manusia Modern Sama Teknologi Gadget

Next Article

5 Band Indonesia yang Kena Masalah Ketika Bakal Mangung di South By Southwest (SXSW), Beberapanya Batal Tampil

MORE KEPS