fbpx

Gimana sih, Cara Buat Press Kit Musik untuk Strategi Promosi?

press kit radiohead 2 1481560850

Lu pernah kepikiran enggak, profil dan berita musik yang lu mainin diangkat beritanya diberbagai media musik di Indonesia? Pengen kayak gitu, tapi enggak tau gimana caranya? Ya, mungkin ini jadi salah satu permasalahan band (baru) yang belum tau.

Punya band enggak sebatas wajib punya karya bagus aja, tapi kita juga kudu paham gimana caranya promosi band kita. Dan di era serba canggih sekarang ini lu enggak perlu punya banyak uang kok, untuk promosiin band lu. Lu bisa promosi band lu dengan low budget tapi dengan dampak promo yang sama besarnya dengan orang-orang yang punya budget besar. Gimana caranya dan apa saja sih kelengkapan isi dalam press kit atau electronic press kit?

1. Profil / Biografi Band 

Pertama nih yang kudu Lu punya adalah biografi terbaru, ceritain secara jelas tentang siapa Lu, main musik apa sih Lu, dari mana sih Lu,  tapi hindarin juga biografi yang dilebih-lebihin yang nantinya malah buat pembaca (Jurnalis, A&R Rekaman, Event orgainzer, dll) jadi males, Hal-hal yang sangat penting juga didalam biografi itu adalah ngejelasin rekam jejak band Lu kayak diskografi karya; entah itu demo, single, ep, album studio, split album, ataupun kompilasi, karena hal tersebut itu bisa menjadi nilai lebih.

2. Sample Lagu

Sertain 2 atau 3 lagu terbaik Lu (kalo punya lebih dari 1 lagu) pastinya kudu punya qualitas yang baik, urutin lagu paling baik diposisi pertama (kalo dalam format CD), abis itu lengkapin sama lirik maupun artwork yang bisa mempresentasikan imej karya dari lagu Lu tersebut.

3. Foto band

Jangan lupa juga untuk ngelampirin 1 atau 2 foto band terbaik Lu didalam press kit atau electronic press kit, tentunya kudu bisa mempresentasikan imej band lu, dan jangan kirim kualitas (resolusi) foto yang asal-asalan.

4. Video

Untuk hal yang ini mungkin jarang band baru yang punya video atau video clip, kemungkinan ­besar cuma punya video konser atau-pun footage (gabungan berbagai video konser yang disertai dengan audio rekaman), Tapi kalo video konser Lu punya kualitas yang baik, sertain link yang gampang diakses ke dalam press kit Lu, tentunya bakalan punya nilai lebih kalo Lu punya video clip.

5. Press Release

Nah, press release ini merupakan tulisan ataupun rekaman yang ditujukan langsung ke media dengan tujuan untuk mengumumkan sesuatu yang punya nilai berita agar bisa terpublikasi di media massa.

Pastinya press release merupakan sesuatu hal yang sering musisi atau band kerjain setelah menghasilkan karya atau mau ngelakuin sesuatu yang bakalan dikerjain dikemudian hari, kayak contoh sederhanya yang sering kita temuin adalah sebuah band yang baru aja ngeluarin single terbaru atau bakalan dan nge-rilis album, didalam dokumen press release – dijelasin dengan detail mengenai isi yang berkaitan dengan berita yang mau diberitakan sama media massa. Misalnya ketika sebuah band nge-rilis single, disitu dijelasin selengkap-lengkapnya mengenai judul single, konsep lirik yang diangkat, siapa aaja yang terlibat, proses kreatif apa yang terjadi, ada gaknya rencana atau misi yang berbahaya setelah single rilis. Semakin lengkap dan menarik press release dari sebuah band, maka media juga bakalan semakin memberikan berita yang informatif dan pastinya bakalan menarik.

Mereka yang sadar akan pentingnya press release bakal membuat band menjadi lebik baik, oleh karena itu, gak sedikit musisi atau band yang selalu menyusunnya untuk disebar lewat sosial media ataupun lewat email ke berbagai media massa, jurnalis musik, event organizer, promotor, label rekaman, pelaku industri musik, dan lain sebagainya.

Dan pastinya press kit yang baik harus menyertakan press release, kecuali band Lu band superstar, itu beda urusan dan lain cerita, tapi jangan salah, sebesar band apapun mereka pasti juga bakalan nyebar press release.

6. Pencapaian Band

Kalo band Lu punya pencapaian yang dianggap sangat berharga dan perlu untuk dipamerin, jangan sungkan untuk disertain informasinya kedalam profil band maupun press release.

7. Info Kontak

Jangan lupa cantumin nomer kontak, email, atau link sosial media aktif band Lu yang selalu siap dan bertanggung jawab kalo dikemudian hari ada yang ngehubungin dari siapapun. Siapa tau aja ya kan yang ngebungin band Lu itu pemilik records label sekelas Earache Records atau Nuclear Blast Records. ~ siapa tau ye kannn…

8. Sosial Media

Yang terakhir ini juga penting untuk nyertain tautan sosial media band Lu kayak facebook, twitter, instagram, soundcloud, youtube, bandcamp, dan lain-lain di press kit maupun press release sehingga yang nerima email Lu nanti bisa langsung ngeliat apa saja yang udah band Lu kerjain, apakah band Lu itu aktif atau cuma biasa saja (kayak yang udah udah), ya minimal karya band Lu udah didengarin sama berapa puluh, ratus, ribu pendengarkan di sosial media.

__

Yak, delapan hal diatas tadi, dirasa udah cukup untuk buat press kit yang bisa band Lu gunain untuk mempromosikan sesuatu yang berkaitan dengan musik dari band Lu ke media massa atau ke siapapun yang dirasa sangat penting dan berpengaruh.

Jadi kalo punya single atau karya baru, ya jangan cuman di-upload terus dibagiin gitu aja, yuk mari nyoba menyusun press kit untuk nge-beritain kepada media massa kalo Lu atau band Lu punya karya yang bagus dan layak untuk dinikmatin.

Kami rasa sudah paham lah yah, dan sebaiknya Lu segeralah untuk nyoba nyusun press kit kalo Lu ngerasa belum pernah buatnya, biar band Lu bisa jadi lebih baik lagi.
Kalo Lu ada kendala dan buat press kit maupun press release, kami saranin untuk ngehubungi teman deket Lu yang bisa menulis, atau ke band lain yang udah pernah buat (jangan sungkan/malu/enggak enakan. Buat yang udah pernah buat juga ya jangan batu-lah, ajarin, biar bisa berkembang bareng-bareng). Ya, tapi apa salahnya untuk nyoba menyusun bersama-sama band Lu, kan bisa jadi lebih baik lagi tuh.

Previous Article

LOCAL UP! vol.2

Next Article

Films : Trailer Pertama Spider-Man: Into the Spider Verse Udah Dirilis, Keren Broh!

MORE KEPS
EP Tiga Puluh
Read More

TIGA PULUH, Mini Album ASHARENO, Gambaran Problematika Para ‘30ers.

Seluruh proses kreatif EP Tiga Puluh ini dikerjakan oleh Ashareno dengan bantuan beberapa rekannya. Lirik & lagu ditulis sendiri oleh Ashareno, kecuali untuk lagu Tak Bisa Lupakan yang ditulis oleh Aulia Nurfebrilianti yang mana adalah adik kandung dari Ashareno. Untuk urusan aransemen musik ia dibantu oleh Pandu Prayoga dari Cheery Trees dan Agung Dwi Saputra dari D'Ningrat. Proses perekaman album dilakukan seluruhnya di Lantai Dua Music Production. Sementara untuk pengerjaan mixing & mastering digarap di E-Music Id oleh Vino Mareza.