fbpx

Bangsat! Goresan Pensil di Kertas Doang Ternyata Bisa Jadi Musik Indah

Coba deh, tonton video keren aksi seorang jenius memainkan soundtrack Star Wars pakai goresan pensil.

Awalnya memang enggak begitu terdengar di mana letak musik dari video di atas.
Coba deh besarkan volume dan jangan terganggu sama rumus-rumus aljabar yang dituliskan—kalau perlu tutup mata kamu. Coba serap semua detailnya.

Bangsat!—begitu lo bakal mengumpat setelah tahu kalau lo sedang mendengarkan Cantina Song dari Star Wars yang “dimainkan” dengan goresan pensil.

Musik yang dibuat dengan goresan pensil ini bukan barang baru. Bahkan, ada sureddit baru yang khusus ngebahas “genre” musik ini. Tentu, setiap subgenre pasti punya seorang pionir. Nah dalam genre musik pensil ini, Dani Ochoa—pencipta video yang sedang kita bahas ini—sebagai pencetus musik goresan pensil.

Sesekali, Ochoa membagi tip-tip bermain musik goresan pensil. “Kalian harus punya sebatang pensil Dixon Ticonderoga,” tulis Ochoa dalam sebuah thread di forum online tentang musik yang dia cetuskan. “Beneran deh, pensil itu dibuat dengan penuh talenta.”

Ujung pensil yang nyaris tajam yang dipadukan dengan permukaan kertas yang agak “menggigit” adalah alat yang kamu perlukan untuk menggubah lagu seperti Ochia. “Tekanan dan arah goresan bisa menghasilkan pitch yang berbeda.”

Gue sudah menonton video di atas puluhan kali. Sampai sekarang, gue masih enggak mudeng sama rumus-rumus matematika yang ditulis Ochoa. Tapi tenang, itu tidak penting kok. Yang penting, kita bisa menikmati soundtrack Star Wars lewat goresan pensil Ochoa.

(mr. keps)

Previous Article

Event : "UNSPOKEN STORIES" Women Art Exhibition

Next Article

Lowres - Rilis Single Perdana "Shammar"

MORE KEPS