fbpx

Bagaimana Musik Mempengaruhi Tren Fashion

6029e424c4db8f02d8abf2053ef81cb1.jpg

Bicara soal musik, tak akan hanya berhenti di persoalan rilisan, panggung, genre dan berbagai perintilan lainnya. Musik menjadi salah satu hal yang masuk ke berbagai aspek hidup masyarakat. Termasuk kebutuhan premier manusia yaitu fashion

Musik dan fashion menjadi dua hal yang sangat berkaitan dan tak bisa dipisahkan. Karena sebagai performer, musisi tidak hanya tampil di atas panggung dan menyanyi saja, tapi juga mempresentasikan genre musik dan pesan-pesan yang ingin disampaikan melalui berbagai gimmick sebagai stage presence, termasuk fashion statement.
Masih ingat tentu dengan betapa gaya flamboyan Elvis Presley, atau gothic ala Marilyn Manson mampu membuat pergeseran fashion di jamannya.
Berikut kali ini Musiclife punya daftar beberapa genre musik yang mempengaruhi tren fashion di era mereka masing-masing;

GLAM ROCK

fcb63fe1fc660728e731fbb9f7885349

Glam Rock style adalah salah satu cabang dari genre rock and roll. Lahir di era-era hippie mulai memudar pada tahun 70’an, dan muncul pertama kali di Inggris. Musisi dengan gaya Glam Rock paling ikonik hingga saat ini tentu saja adalah KISS. Secara visual, cakupan gaya dari Glam Rock cukup luas. Mulai dari gaya glamor Hollywood tahun 30’an, pin-up girl tahun 50’an, sampai hal-hal berbau mistis yang diaplikasikan dalam pakaian, make-up hingga gaya rambut yang unik, dan boots dengan sol tebal. Glam Rock juga identic dengan gaya androgyn sehingga kebanyakan band Glam Rock memakai legging ketat dengan motif leopard, vest, hingga syal bulu sebagai aksesoris.
Musisi: KISS, Motley Crue, Poison

GOTHIC

acfea3f2e490708ccfd88e8fa9469dd5

Tidak hal atau aksesoris spesifik yang untuk mengelompokkan gaya gothic, tapi yang pasti mereka akan tampak sangat berbeda dari orang kebanyakan. Mengimplementasikan warna-warna hitam dalam berbagai hal seperti lipstik hitam, garis mata hitam, hingga pierching yang tersebar di berbagai penjuru wajah. Namun sayangnya karena identic dengan warna gelap, banyak yang beranggapak gothic dekat dengan hal-hal berbau satanic.
Musisi: Marilyn Manson, Bauhaus, Siouxsie Sioux, The Cure.

ROCKABILLY

2f0b1bf3788aafb6950f0cb1eef08cd4

Salah satu gaya dari music rock and roll paling awal, yaitu lahir di tahun 1950’an. Istilah Rockabilly berasal dari rock (dari rock and roll) dan hillbilly (terms untuk menyebut music country 40’ dan 50’an). DNA dari rockabilly berasal dari western swing, boogie woogie, blues, dan rhythm. Meskipun lahir di tahun 50’an, akar music rockabilly baru mewabah di era 60’ hingga 70’an. Pin up dan burlesque adalah icon dari rockabilly yang sangat identic dengan gaya retro. Dengan dress merah polkadot, atau motif buah cherry. Bunga mawar yang dikalungkan di rambut, gincu dan kuteks merah, dan tubuh yang penuh dengan rajah tato oldskool. Marilyn Monroe adalah tokoh paling ikonik dari gaya rockabilly ini.
Musisi: Katy Perry, Lady Gaga dan Nicky Minaj

PUNK

a9f6971967c1809f15015689dcca82fd

Biker jacket, celana robek dan kaos belel, atau mungkin hotpants dengan detail stud atau spike adalah item wajib untuk musisi bergenre Punk. Bahkan saat ini gaya Punk sudah lebih dimodifikasi dengan sentuhan modern.
Musisi: Iggy Pop, David Bowie, Gwen Stefani


Oleh  Irvan Gaza
Foto: Dok. Katy Perry, Lady Gaga, Iggy Pop, Marylin Manson, Motley Crue

 

 

Previous Article

Para Pegawai Mencatat Daftar Kelakuan Brengsek Orang Superkaya Saat Liburan

Next Article

Dokter Bedah Memilih Mendengarkan Musik Rock Saat Operasi

MORE KEPS