fbpx

5 Ampli Portabel untuk Latihan di Manapun, Kapanpun Kamu Suka


Perlu enggak sih?

Manfaat yang paling jelas kalo kalian punya ampli portabel adalah kalian bisa bawa ampli ini kemanapun kalian suka (kayak power bank lah yah). Karena ukurannya yang relatif kecil, maka bisa sangat memungkinkan kalian buat masukin benda ini ke dalam gig bag gitar kalian, dan tentunya kalian bakalan bisa gunain di manapun, kapanpun kalian suka. ~ kayak lagunya morfem yah

Ampli portabel yang ada di pasaran saat ini udah tersedia berbagai ukuran, mulai dari yang ukuran kecil, agak besar dan juga ada berbagai macam tipe untuk ngegunainnya. Dari mulai headphone-speaker, kabel-baterai. Intinya mah kategori ‘ampli portabel’ ini bukan cuma sekadar ampli yang ukurannya kecil dan murahan, karena beberapa jenisnya juga nyediain banyak fitur yang lumayan kompleks, bahkan sampe ada yang memungkinkan kalian buat ngelakuin ‘recording’ simpel di manapun, kapanpun kalian suka. ~ kayak lagunya morfem lagi deh yah.

Nah, seiring munculnya dari berbagai permintaan; mulai dari fitur-fitur yang ada di ampli-ampli portabel yang ada di market; mulai dari yang cuma sebagai sebuah ‘practice amp’, sampai dengan yang menginginkan ampli portabel-nya cukup kuat untuk keperluan manggung. Semakin kesini semakin banyak pula bermunculan jenis-jenis ampli dan juga fitur-fiturnya yang kayak gini di pasaran.

-Advertisement-



Berikut ini kami bakal nyoba mengulas beberapa ampli portabel yang cukup baik buat kalian miliki dan kalian gunain di manapun, kapanpun kalian suka. ~ hehe

1. Marshall MS-2 Mini Amp

ms2 largejpg 1522217420

Marshall MS-2 Mini Amp ini salah satu ampli terkecil yang bisa kalian dapetin tapi dengan kualitas suara yang bisa dibilang sangat baik – dibandingin sama ukuran dan harganya. Ya meskipun daya-nya cuma 1-watt, ampli ini bisa ngasih kalian volume yang lebih dari cukup buat kalian latihan. Ampli ini nyediain dua channel suara (clean/dist) dan bisa di-idupun dengan menggunakan baterai 9v. Kalo mobilitas menjadi salah satu aspek yang kalian cari, ampli ini kudu masuk nih kedalam list kalian.

2. Vox amPlug 2 AC30

Vox amPlug 2 AC30  yang masuk ke dalam kategori ampli headphone ini ngasih sound yang menarik untuk para calon konsumennya. Gak cuma ngasih sound-sound dari ampli-ampli legendaris, ampli ini juga nyediain beberapa fitur efek-efek kyak reverb, delay, dan masih banyak lainnya. Benda ini dioperasikan pake baterai (kayak handphone) dengan lifetime kurang lebih 20 jam.

3. Yamaha THR10C Classic Combo

thr10c largejpg 1522217508

Kita semua taulah yah kalo brand Yamaha ini dikenal untuk berbagai produk (bukan cuma motor doang), tapi amplifier gitar ini bukanlah salah satu produk yang pernah dikeluarin sama Yamaha. Walaupun gitu, saat ini mereka udah berhasil ngebuat salah satu ampli portabel yang paling fleksibel dengan fitur-fiturnya paling lengkap. Selain sound yang dihasilin juga sangat baik, produk ini juga mengakomodasi user buat ngegunain instrumen lainnya kayak bass ataupun gitar akustik pada ampli Yamaha THR10C Classic Combo ini. Yang buat ampli ini jadi sangat menarik adalah ukurannya yang masih portable, meskipun banyak fitur yang dihadirin sama Yamahan didalam produknya ini. Ampli ini juga bisa dioperasiin pake baterai juga.


4. Fender ’57 Mini Twin Amp

mini twin ampjpg 1522217533

Yak, selain gitar, brand terkenal yang satu ini juga ngeluarin produk amp portabel-nya. Dan sesuai ekspektasi kebanyakan orang sama brand yang satu ini, Fender Mini Twin ini emang jadi sebuah ampli yang layak. Ampli ini nyediain dua channel (clean/ overdrive) dengan output yang lumayan keras, karena ampli ini ngegunain dua buah speaker dua inci. Meskipun fitur-fitur yang ada di ampli ini gak sebanyak kayak di ampli portabel lainnya, tapi dari segi kualitas sound, durability desain dan juga tampilannya (gak penting-penting juga sih) Fender Mini Twin ini adalah sebuah ampli yang layak. ~ and it’s Fender.

-Advertisement-


5. Roland Micro Cube GX

Roland Micro Cube GX, salah satu produk ampli mini ini yang mungkin pasti udah gak asing buat kalian. Roland seri cube ini emang udah dikenal sebagai ampli kecil yang ngehadirin fitur ‘amp modeling’ yang emang didesain buat penggunaan di rumah, di manapun, kapanpun kalian suka. ~ (heuheu)
Seri Micro Cube GX ini adalah seri terkecil dari seri-seri ‘cube’ lainnya. Terlepas dari ukurannya yang kecil, ampli ini juga ngehadirin 8 jenis ‘amp emulation’ yang bisa kalian pilih. Selain itu, user/pengguna juga bisa menyimpan (nge-save) setting-an yang udah dibuat. Dengan ukurannya yang kecil, ampli ini bisa dibilang powerful. Selain itu juga nih ampli bisa dinyalain pake adaptor atau baterai.

Yak, beberapa ampli di atas itu punya kompleksitas antara satu dan lainnya. Karena gak bisa dipungkiri juga, beberapa gitaris punya kebutuhan yang berbeda-beda; mulai dari yang cuma pengen pake fitur ‘plug and play’ sampe yang butuh untuk keperluan home recording. Dan yang jelas, semakin kompleks ampli-nya maka semakin besar juga budget yang harus kalian keluarin. Tapi harga rata-rata dari list di atas itu kalo gak bakalan sampe ke-kisaran Rp 6 jutaan. ~ lumayan juga sih…Pilihannya kembali lagi ke kebutuhan dan keinginan penggunanya masing-masing. Yang kudu diinget adalah bahwa ampli portabel adalah solusi paling real buat nge-gunain ampli tanpa lewat soket listrik, dan apapun ampli yang kalian pilih, jangan lupa tujuan awal kalian punya ampli ini, buat semakin sering berlatih, pamer, atau cuma pengen punya doang. Suka-suka kalian deh…

[Agung]

Disclaimer: Semua postingan di www.kepsirproject.net ini merupakan pendapat pribadi dan tanggung jawab masing-masing penulis sepenuhnya diatas. Isi posting tidak selalu sejalan dengan sikap dan kebijakan Kepsir Project.

Previous Article

[opinon] Kangen Band adalah Band Penting bagi Perkembangan Musik Populer Indonesia?

Next Article

Ziggy Marley, Bakalan Garap Film Biopiknya Mendiang Bob Marley

MORE KEPS